Cara Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lama

Android menggunakan sistem operasi yg menawarkan fitur, aplikasi, dan fungsi tertentu untuk menarik minat pasar untuk memilikinya. Namun banyak fitur atau aplikasi yg dapat membuat baterai cepat habis. Karena itu User Android harus pandai dalam menghemat daya baterai sesuai kebutuhan. Berikut ada beberapa tips untuk menghemat baterai Android agar tahan lama:
menghemat baterai android, aplikasi, Wifi














Mengatur Setting di dalam perangkat Android
Ada beberapa opsi yg ditampilkan dalam menu Android terutama pada bagian Display. Masuk ke menu Settings >> About phone >> Battery Use. Disana kita bisa mengatur tingkat kecerahan (brightness) dari tampilan Android. Kita atur secukupnya dengan tingkat kecerahan 50% dari maksimum display. Karena hal ini cukup berpengaruh pada daya baterai. Ibaratkan saja Anda memasang lampu di kamar Anda. Anda memasang 5 watt dgn 15 watt tentu saja lebih boros lampu yg 15 watt karena daya yg dikeluarkan listrik menjadi lebih besar.

Mengatur durasi waktu layar untuk tampil sesingkat mungkin. Masuk ke bagian Setting >> Display >>Screen Timeout. Karena durasi layar yg cukup panjang cukup membuat baterai perangkat sedikit terkuras.

Mengatur penggunaan aplikasi yg kurang dibutuhkan. Caranya masuk ke menu Settings >> Applications >> Running Services. Disitu kamu bisa lihat banyak aplikasi yg berjalan memenuhi kapasitas memori. Untuk memaksimalkan kinerja RAM kamu bisa memadamkan layanan yg kurang dibutuhkan. Tentu saja untuk membuat baterai Anda tetap stabil dan tidak mudah cepat habis.

Memadamkan Konektivitas yg masih berjalan
Mematikan Wifi: Settings >>Wireless&Networks >> Wifi (turn off) hal ini ditujukan agar perangkat tidak terhubung ke jaringan Wifi secara otomatis.

Mematikan Bluetooth: Settings >> Wireless&Networks >> Bluetooth (turn off)

Mematikan GPS: Settings >> Personal >> Location Services >> GPS Satelites (hilangkan tanda centang)

Atur perangkat menggunakan jaringan 2G. Dgn menggunakan jaringan 2G kamu masih bisa memiliki akses ke jaringan EDGE dan Wifi jika diperlukan.

Tampaknya itu saja pengaturan yg diperlukan agar Baterai Android tetep hemat.. yg lainnya semacam fitur getar, atau aplikasi travelling dan semacamnya itu tidak akan berpengaruh besar.. Kalo semua pengaturan dinon-aktifkan buat apa kita beli Android. ya ga? ok fix lah..!

2 komentar untuk "Cara Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lama"

  1. Top info gan saya pake aplikasi yang mudah untuk digunakan penghemat battery
    link download :
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.digitalzone.batterysaver

    Tips Dalam aplikasi :
    1. Saving Mode: (Direkomendasikan untuk digunakan dalam status baterai rendah)
    2. Sleep Mode: (Direkomendasikan untuk digunakan ketika Anda tidur)
    3. Customized mode ( (yang dapat Anda menyesuaikan pengaturan hemat baterai bebas tergantung pada kebutuhan Anda dan penggunaan)

    ReplyDelete

Untuk melihat komentar lain yang lebih banyak, atau untuk Anda yang pesan komentarnya tidak muncul, Anda bisa klik tulisan LOAD MORE atau LOADING... di bawah/di atas pesan formulir komentar ini: